Sabtu, 07 Maret 2009

Sejak Lehman Bangkrut, Emas Kian Diburu

LONDON. Investor kini tengah mencari perlindungan seiring terjadinya ketidakpastian yang tinggi di pasar dunia. Emas pun dinilai menjadi pilihan yang paling aman. Terbukti, permintaan akan logam mulia ini semakin meningkat pesat.

Zuercher Kantonalbank bilang, simpanan emas di bank asal Swiss ini melonjak. Bahkan aset dari ZKB Gold ETF di bank Zuercher menyentuh rekor tertinggi selama tujuh minggu berturut-turut. Nilai investasi emas setara dengan US$ 2,25 miliar jika dikonversikan dengan harga pasar saat ini. Dan jumlah tersebut sama dengan produksi global selama 12 hari.

“Permintaan emas sangat tinggi. Jumlah simpanan emas di bank kami benar-benar meningkat,” jelas Susanne Toren, analis metal Zuercher Kantonalbank.

Kebanyakan dari investor mulai memburu emas koin dan batangan sejak terjadinya kebangkrutan Lehman Brothers Holding Inc beberapa waktu lalu.

Selain emas, Zuercher Kantonalbank yang dimiliki oleh Canton of Zurich, juga menangani investasi pada perak, platinum dan palladium. Jurubicara Zuercher Kantonalbank Sibylle Umiker juga sudah memberikan konfirmasinya mengenai hal ini. Bahkan saking tingginya simpanan emas, pihaknya berencana mencari ruang tambahan untuk simpanan di Swiss.

Barratut Taqiyyah Bloomberg